petikan dari udyoga parwa



PALAWAKYA WAJIB
PASANGAN DEWASA PUTRA
UDYOGA PARWA

1.    Byatita gati sang haneng Astina pura. lwir Maharaja Kresnan datenging Wirata ya tika gumantya warnanen. Tar wawang sira tumame kehanan Maharaja Yudistira. Mararyan mabababab sekareng sire satekanira, ateher umeraken kala desa Maharaja Darmatmaja. Pira kunang sowenira, tumunggang gunung Sanghyang Aditya meh sumurupa. Telas maluwaran mangalocita sang Pandawa lawan sang ratu wreda purusa, tumuluy ta sira sandyopasana.


Tidak diceritakan prihal orang yang ada di Kerajaan Astina, Perjananan Maharaja Kresna sudah sampai di Wirata, itu selanjutnya yang akan diceritakan. Tidak segera beliau masuk ke tempat Maharaja Yudistira. Sampainya beliau berhenti dan beristirahat sejenak, sambil menunggu kesempatan dari Maharaja Darmaputra. Entah berapa lamanya beliau ( beristirahat ) matahari sudah berada di atas gunung barat, hampir tenggelam, telah bubar pula persidangan sang Pandawa bersama para raja tua yang pemberani, selanjutnya beliau mengadakan pemujaan sore hari.

2.    Ri telasnira tumama ta Maharaja Kresna sumanding ri palungguhan Maharaja Yudistira, majarajar ta sira sopacara ;
Sajna haji, telas ranten aji tumekaken sodesa rahadian sanghulun ri sang Korawa, Umupacara priyawakya hita wasana. Ndan pisaningun pwangkulun mangaywana, bahulya manghidepa sabda kakarsana. AHUM las niscaya hatininghulun i tan pamisinggihning Duryodana. Mapa ta ling nira kabeh, sang watek matuha prasida pinaka manggalya tan patangguh kari sira.

Sesudah itu masuklah Maharaja Kresna dan duduk berdampingan dengan Maharaja Yudistira. Berbicaralah beliau sesuai tata cara. Paduka tuanku, sudah adinda sampaikan segala kata-kata tuanku kepada sang Korawa, dengan tutur kata yang baik agar dapat penyelesaian yang baik, tetapi beliau sama sekali tidak menyetujuinya, apalagi akan bisa meresapi tutur kata yang mengenakkan. Ya tuan, sudah jelas pendapat kami, terhadap ketidaksetujuan Duryodana, Bagaimanakah kata-kata beliau semuanya ? para tetua-tetua yang berhak menjadi pemimpin, tidakah beliau memberikan nasehat ?
 
3.    Du sep dahat de rahadyan sanghulun tan pangalaakena ranten aji. Sira kabeh makadi Bhagawan Bisma, Drona, Krepa mwang Maharaja Dretarastra lawan Mahamantri Widura kapwapituturatangguh gatinira. Ndan mangkinangguyu-guyu jugang Duryodana. Songkabni tutukninghulun ya ta jugan mingayasemu hewaanggakara. Irikan pojar Bhagawan Bhisma saha kroda asemu pahasa, lingnira ;

Aduhai, sangat tergesa-gesa oleh tuanku, tidak memberikan adinda kesempatan, Beliau semua, seperti Bhagawan Bisma, Drona, Krepa dan Maharaja Drestarastra, serta Mahapatih Widura, semua sudah memberikan nasehat. Akan tetapi semakin tertawa sajalah Duryodana, selama hamba berbicara dia hanya memalingkan muka dengan raut wajah masam dengan sombongnya. Saat itulah Bhagawan Bisma bebicara dengan marahnya mendesak.  Adapun kata-kata beliau :

4.    Ai Sang Duryodana, haywa kamu wihang mituhuujarku. Apan hayuakenaning kula donanya. Rengwakeni sawuwus damelaken sukaning sakulagotra. Ndak warah pwa Maharaja Santanu ngaraning bapangku, sobagya ring rat. Tunggal ta pwa anaknira tan pakarwa ya. Wragya ta manahnira tumonenggini uripku sawiji, bisamanapegat sentana ku karih. Yan apa pweking rare wekangku, kapana tikang yasa kirtti wredya, yawat tan patuta metu patuwuhning wija. Mangkana angenangenta katon dengku, matangnyan sidhaken sabilasanira sumomah Dewi Gandawati kurenanira.

Hai Duryodana, janganlah kamu menentang untuk mempercayai kata-kataku,  sebab tujuannya adalah untuk menyelamatkan keluarga, Dengarlah semua pembicaraan, Buatlah kesenangan seluruh kerabat keluarga. Akan aku ceritakan Maharaja Sentanu nama ayahku. Sangat termasyur di dunia, Hanya satu putra beliau tiada duanya. Khawatir perasaan beliau melihat kelangsungan hidupku yang hanya seorang diri, yang mengerikan jelas bisa putus keturunanku, Bagaimana jadinya ini si kecil anakku, Kapan akan bisa melanjutkan amal perbuatan. Kalau tak ada yang mengikuti lahir tumbuh benih, seperti itulah perasaan beliau yang ku lihat, itu sebab ku sukseskan keinginan beliau untuk melamar Mahadewi Gandawati sebagai permaisuri beliau.

Share:

SEKHA SANTHI DANG DING DONG

SEKHA SANTHI DANG DING DONG
Silahkan klik gambar
OM SWASTYASTU - SELAMAT DATANG DI ARYAWANGSABLOG - SEMOGA BERMANFAAT

daftar isi

Total Tayangan

Powered By Blogger

Categories 2