BABAD DANGHYANG BANG MANIK
ANGKERAN
Sebagai
pendahuluan ceritera, tersebutlah di kawasan Jawa, ada pendeta maha sakti
bernama Danghyang Bajrasatwa. Ada putranya Iaki-laki
seorang bernama Danghyang Tanuhun atau Mpu Lampita, beliau memang pendeta
Budha, memiliki kepandaian luar biasa serta bijaksana dan mahasakti seperti
ayahnya Danghyang Bajrasatwa. Ida Danghyang Tanuhun berputra lima orang,
dikenal dengan sebutan Panca Tirtha. Beliau Sang Panca Tirtha sangat terkenal
keutamaan beliau semuanya.
Beliau
yang sulung bernama Mpu Gnijaya. Beliau membuat pasraman di Gunung Lempuyang
Madya, Bali Timur, datang di Bali pada tahun Isaka 971 atau tahun Masehi 1049.
Beliaulah yang menurunkan Sang Sapta Resi – tujuh pendeta yang kemudian
menurunkan keluarga besar Pasek di Bali. Adik beliau bernama Mpu Semeru,
membangun pasraman di Besakih, turun ke Bali tahun Isaka 921, tahun Masehi 999.
Beliau mengangkat putra yakni Mpu Kamareka atau Mpu Dryakah yang kemudian
menurunkan keluarga Pasek Kayuselem. Yang nomor tiga bernama Mpu Ghana, membangun
pasraman di Dasar Gelgel, Klungkung datang di Bali pada tahun Isaka 922 atau
tahun Masehi 1000. Yang nomor empat, bernama Ida Empu Kuturan atau Mpu
Rajakretha, datang di Bali tahun Isaka 923 atau tahun Masehi 1001, membangun
pasraman di Silayukti, Teluk Padang atau Padangbai, Karangasem. Nomor lima
bernama Ida Mpu Bharadah atau Mpu Pradah, menjadi pendeta kerajaan Prabu
Airlangga di Kediri, Daha, Jawa Timur, berdiam di Lemah Tulis, Pajarakan,
sekitar tahun Masehi 1000.
Beliau Mpu
Kuturan demikian tersohornya di kawasan Bali, dikenal sebagai Pendeta
pendamping Maharaja Sri Dharma Udayana Warmadewa, serta dikenal sebagai
perancang pertemuan tiga sekte agama Hindu di Bali, yang disatukan di Samuan
Tiga, Gianyar. Beliau pula yang merancang keberadaan desa pakraman – desa adat
serta Kahyangan Tiga – tiga pura desa di Bali, yang sampai kini diwarisi
masyarakat. Demikian banyaknya pura sebagai sthana Bhatara dibangun di Bali
semasa beliau menjabat pendeta negara, termasuk Sad Kahyangan serta Kahyangan
Jagat dan Dhang Kahyangan di kawasan Bali ini. Nama beliau tercantum di dalam
berbagai prasasti dan lontar yang memuat tentang pura, upacara dan upakara atau
sesajen serta Asta Kosala – kosali yang memuat tata cara membangun bangunan di
Bali. Tercantum dalam lempengan prasasti seperti ini.
Ida sane
ngawentenang pawarah–warah silakramaning bwana rwa nista madhya utama. lwirnya
ngawangun kahyangan, mahayu palinggih Bhatara–Bhatari ring Bali lwirnya Puseh
desa Walyagung Ulunswi Dalem sopana hana tata krama maring Bali, ayun sapara
Bhatara lumingga maring Sad Kahyangan, neher sira umike sila krama” yang
artinya: Beliau Mpu Kuturan yang mengadakan aturan tentang tatacara di dunia
ini yang berhubungan dengan mikro dan makrokosmos dalam tingkat nista madya
utama (sederhana, menengah dan utama), seperti membangun pura kahyangan,
menyelenggarakan upacara sthana Bhatara-bhatari di Bali. Seperti Pura Puseh
Desa, Baleagung, Ulunswi, Dalem, dan karena ada tata cara di Bali seperti itu
berkenanlah para Bhatara bersthana di Sad Kahyangan, karena beliau yang
mengadakan tata aturan tersebut.
Adiknya
bernama Danghyang Mpu Bharadah mempunyai putra Iaki-laki dan keutamaan yoga
beliau bernama Mpu Bahula. Bahula berarti utama. Kepandaian dan kesaktian
beliau di dunia sama dengan ayahandanya Mpu Bharadah. Beliau memperistri putri
dari Rangdeng Jirah – janda di Jirah atau Girah yang bernama Ni Dyah Ratna
Manggali. Kisah ini terkenal dalam ceritera Calonarang. Beliau Empu Bahula
berputra Iaki bernama Mpu Tantular, yang sangat pandai di dalam berbagai ilmu
filsafat. Tidak ada menyamai dalam soal kependetaan, sama keutamaannya dengan
Mpu Bahula, ayahandanya. Mpu Tantular adalah yang dikenal sebagai penyusun
Kakawin Sutasoma di mana di dalamnya tercantum “Bhinneka Tunggal lka” yang
menjadi semboyan negara Indonesia. Beliau juga bergelar Danghyang Angsokanata.
Keberadaan beliau di Bali diperkirakan sejaman dengan pemerintahan raja Bali,
Sri Haji Wungsu pada tahun Masehi 1049.
Ida Mpu
Tantular atau Danghyang Angsokanata, berputra empat orang semuanya Iaki-laki.
Yang sulung bernama Mpu Danghyang Panawasikan. Yang nomor dua bergelar Mpu
Bekung atau Danghyang Siddhimantra. Yang nomor tiga bernama Mpu Danghyang
Smaranatha. Yang terkecil bernama Mpu Danghyang Soma Kapakisan.
Ida
Danghyang Panawasikan, bagaikan Sanghyang Jagatpathi wibawa beliau, Ida
Danghyang Siddhimantra bagaikan Dewa Brahma wibawa serta kesaktian beliau. Ida
Danghyang Asmaranatha bagaikan Dewa Manobawa yang menjelma, terkenal
kebijaksanaan dan kesaktian beliau, serta Danghyang Soma Kapakisan, yang
menjadi guru dari Mahapatih Gajahmada di Majapahit, bagaikan Dewa Wisnu
menjelma, pendeta yang pandai dan bijaksana. Ida Danghyang Panawasikan memiliki
putri seorang, demikian cantiknya, diperistri oleh Danghyang Nirartha.
Ida
Danghyang Smaranatha, memiliki dua orang putra, yang sulung bernama Danghyang
Angsoka, berdiam di Jawa melaksanakan paham Budha. Adik beliau bernama
Danghyang Nirartha, atau Danghyang Dwijendra, Peranda Sakti Wawu Rawuh dan
dikenal juga dengan sebutan Tuan Semeru. Beliau melaksanakan paham Siwa, serta
menurunkan keluarga besar Brahmana Siwa di Bali yakni, Ida Kemenuh, Ida
Manuaba, Ida Keniten, Ida Mas serta Ida Patapan. Danghyang Angsoka sendiri
berputra Danghyang Astapaka, yang membangun pasraman di Taman Sari, yang kemudian
menurunkan Brahmana Budha di Pulau Bali.
Ida
Danghyang Soma Kapakisan yang berdiam di kawasan kerajaan Majapahit. berputra
Ida Kresna Wang Bang Kapakisan, ketika Sri Maharaja Kala Gemet memegang
kekuasaan di Majapahit. Ida Kresna Wang Bang Kapakisan mempunyai putra empat
orang, semuanya diberi kekuasaan oleh Raja Majapahit, yakni beliau yang sulung
menjadi raja di Blambangan, adiknya di Pasuruhan, yang wanita di Sumbawa. dan
yang paling bungsu di kawasan Bali. Yang menjadi raja di Bali bernama Dalem Ketut
Kresna Kapakisan menurunkan para raja yang bergelar Dalem keturunan Kresna
Kepakisan di Bali. Dalem Ketut Kresna Kepakisan datang di Bali, menjadi raja
dikawal oleh Arya Kanuruhan, Arya Wangbang – Arya Demung, Arya Kepakisan, Arya
Temenggung, Arya Kenceng. Arya Dalancang, Arya Belog, Arya Manguri, Arya
Pangalasan, dan Arya Kutawaringin, Arya Gajah Para serta Arya Getas dan tiga
wesya: Si Tan Kober, Si Tan Kawur, Si Tan Mundur. Ida Dalem beristana di
Samprangan, didampingi oleh l Gusti Nyuh Aya di Nyuh Aya sebagai mahapatih
Dalem. Tatkala itu Ida Dalem memerintahkan para menterinya untuk mengambil
tempat masing-masing. Ida Arya Demung Wang Bang asal Kediri di Kertalangu, Arya
Kanuruhan di Tangkas, Arya Temenggung di Patemon, Arya Kenceng di Tabanan, Arya
Dalancang di Kapal, Arya Belog di Kaba-Kaba, Arya Kutawaringin di Klungkung,
Arya Gajah Para dan adiknya Arya Getas di Toya Anyar, Arya Belentong di Pacung,
Arya Sentong di Carangsari, Kriyan Punta di Mambal, Arya Jerudeh di Tamukti ,
Arya Sura Wang Bang asal Lasem di Sukahet, Arya Wang Bang asal Mataram tidak
berdiam di mana-mana. Arya Melel Cengkrong di Jembrana, Arya Pamacekan di
Bondalem, Sang Tri Wesya: Si Tan Kober di Pacung, Si Tan Kawur di Abiansemal
dan Si Tan Mundur di Cegahan Demikian dikatakan di Babad Dalem.
Bersambung ......................
sumber : www.alangalangkumitir.wordpress.com